Jumat, 30 Juli 2010

SERBA SERBI RAMADHAN ( Bag. 2)


Dari Abu Hurairah ra. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda: "Barangsiapa bersedekah sepasang pada jalan Allah maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu sorga: "Wahai hamba Allah inilah yang lebih baik". Barang siapa yang termasuk orang-orang yang biasa mengerjakan shalat maka ia akan dipanggil dari pintu shalat. Barang siapa yang termasuk orang-orang yang suka berjihad maka ia akan dipanggil dari pintu jihad. Barang siapa yang termasuk orang-orang yang biasa mengerjakan puasa maka ia akan dipanggil dari pintu Ar Rayyan (pintu kesegaran). Dan barang siapa yang termasuk orang-orang yang suka bershadakah maka ia akan dipanggil dari pintu shadakah". Abu Bakar ra. berkata: "Demi ayah dan ibuku wahai Rasulullah bukankah ada orang yang dipanggil dari pintu-pintu itu karena darurat; maka apakah ada seseorang yang dipanggil dari semua pintu itu ?". Beliau menjawab: "Ada, dan aku berharap semoga kamu termasuk salah seorang diantara mereka". (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah ra. berkata: "Rasulullah saw. sangat menganjurkan untuk selalu shalat sunnat pada malam Ramadhan tetapi dalam hal ini beliau tidak mewajibkannya; dimana beliau bersabda: "Barang siapa yang mengerjakan shalat sunnat pada malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala kepada Allah maka diampunilah dosanya yang telah lampau". (HR. Muslim).

Dari 'Aisyah ra. berkata: "Apabila sudah masuk sepuluh terakhir (bulan Ramadhan) maka Rasulullah saw. selalu menghidup-hidupkan malam-malam itu (dengan ibadah) dan membangunkan keluarganya serta mengikatkan sarungnya (tidak mempergauli istrinya)". (HR. Bukhari dan muslim).

Dari Zaid bin Tsabit ra. berkata: "Kami sahur bersama-sama dengan Rasulullah saw. kemudian kami melaksanakan shalat". ada seseorang bertanya: "Berapa lama antara sahur dengan shalat itu ?". Ia menjawab: "Kira-kira bacaan 50 ayat". (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Allah 'Azza wa Jalla berfirman, (artinya): "Hamba-Ku yang paling Kusukai adalah yang paling cepat kalau berbuka puasa". (HR. At Turmudzy).

Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda: "Apabila salah seorang diantara kamu sekalian itu berpuasa maka janganlah berkata kotor dan janganlah ribut-ribut. Jika ada seseorang mencaci maki atau mengajak berkelahi maka hendaklah ia berkata: "Sesungguhnya saya sedang berpuasa". (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari Laqith bin Shabrah ra. berkata: "Saya bertanya: "Wahai Rasulullah, beritahukanlah kepada saya tentang wudlu'". Beliau bersabda: "Sempurnakanlah wudlu'mu, basuhlah sela-sela jarimu, dan perdalamlah didalam menghirup air kedalam hidung kecuali bila kamu sedang berpuasa". (HR. Abu Daud dan At Turmudzy).

Dari Ummu 'Umarah Al Anshariyah ra. bahwasannya Nabi saw. datang ke rumah Ummu 'Umarah dan ia menghidangkan makanan untuk beliau, kemudian beliau bersabda: "Makanlah wahai Ummu 'Umarah". Ia menjawab: "Saya sedang berpuasa". Rasulullah saw. bersabda: "Sesungguhnya orang yang berpuasa itu selalu dido'akan oleh malaikat jika ada orang makan di tempatnya sampai selesai makan". Atau beliau bersabda: "Sampai orang yang makan itu merasa kenyang". (HR. At Turmudzy).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar