Jumat, 05 Agustus 2011

KEUTAMAAN SHAUM RAMADHAN



1.Pahalanya tanpa terhitung.

2. Puasa adalah sebagai sarana penjagaan dari ahlak yang buruk.

3.Orang yang berpuasa jika datang waktu berbuka merasa senang dengan menu bukanya serta merasa senang dengan puasanya ketika berjumpa dengan Rabb-nya,karena akan mendapatkan pahala yang tanpa hitungan.

4.Bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma misik.Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda dalam hadits qudsi :" Allah 'Aza wa Jalla berfirman :" Semua amal yang dilakukan anak Adam adalah untuknya,dan satu kebaikan dibalas sepuluh kali lipatnya bahkan sampai tujuh ratus kali lipat.Allah berfirman :" Kecuali puasa itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya,ia meninggalkan syahwat makan dan minum karena-Ku".Orang yang berpuasa mendapatkan dua kesenangan yaitu;kesenangan ketika berbuka dan kesenangan dengan puasanya ketika berjumpa Tuhan-nya.Sungguh bau mulut orang berpuasa lebih harum daripada aroma kasturi".Dan puasa adalah perisai [ tameng ] jika pada hari puasa maka janganlah berkata kotor dan dusta,ketika ada seseorang yang memaki atau mengajak bentrok maka katakan lah :" Sungguh aku lagi berpuasa ".HR.Bukhari dan Muslim.

5.Bagi orang yang berpuasa disediakan pintu spesial dalam surga yang bernama Arrayan,tidak ada seorangpun yang melewati pintu itu kecuali orang-orang yang berpuasa.

6.Puasa akan memberikan pertolongan bagi orang yang melaksanakannya.Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :" Puasa ramadhan dan al qur'an akan memberikan syafa'at kepada hamba pada hari kiamat.Puasa berkata :" Ya Rabb aku telah mencegah keinginan dia [ hamba ] dari makan dan segala syahwatnya maka izinkan aku sebagai penolongnya ".HR.Ahmad dan di shahihkan oleh syekh Al Albani.

7.Puasa akan menjadi penghalang dari siksa api neraka. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : " Puasa adalah perisai dan benteng yang menjadi penghalang siksa api neraka ".HR.Ahmad dengan sanad yang hasan.

8. Puasa adalah satu pintu yang sangat agung dari berbagai pintu-pintu kebaikan.Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :" Maukah aku tunjukan pintu-pintu kebaikan ?", para sahabat menjawab mau ya Rasulallah...kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :" Puasa adalah perisai dan sedekah bisa menghapus kesalahan -kesalahan seperti air memadamkan api".

9. Puasa adalah ibadah yang tanpa tanding.Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :" Biasakanlah kalian berpuasa,sungguh keutamaan puasa tanpa ada tandingannya ".HR.Ibnu Hibban dan dishahihkan oleh syekh Al Albani.

10. Ketika seseorang banyak melakukan puasa maka Allah menjauhkannya dari neraka.Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :" Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari karena Allah kecuali Allah jauhkan dia dengannya dari neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun".Hadits Muttafaq 'alaih. Lihat Al Usrah Al Ramadhaniyyah karya Doktor 'Adil al tsadii.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar